Mengenal Karakteristik dan Model Pembelajaran Anak CIBI (Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa)

Setiap anak yang terlahir di dunia memiliki kemampuan dan intelegensi yang berbeda-beda. Intelegensi anak dapat dibagi menjadi 3 yaitu di bawah rata-rata, sedang (normal), dan di atas rata-rata. Tentu dengan adanya perbedaan kemampuan dan intelegensi tersebut menjadikannya unik dan istimewa. Lalu apa sebenarnya anak CIBI itu? Mengapa anak CIBI dikategorikan dalam anak berkebutuhan khusus? Bagaimanakah karakteristik dan model pembelajaran anak CIBI? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Anak CIBI (Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa) merupakan anak yang memiliki kemampuan dan intelegensi di atas rata-rata atau dapat dikatakan sebagai anak yang mempunyai daya kreativitas tinggi. Anak CIBI biasa dikenal dengan sebutan anak berbakat atau “gifted child” dan dikategorikan dalam anak berkebutuhan khusus karena tingkat kemampuan dan intelegensi yang tinggi justru akan menjadikan anak susah berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik, sehingga menyebabkan anak merasa aneh pada dirinya sendiri atau bisa juga lingkungan sekitar yang memberikan label aneh pada anak berbakat tersebut (Desiningrum, 2017). Adapun karakteristik anak berbakat yaitu cenderung menonjolkan sikap percaya diri, berani mengambil resiko (dengan perhitungan yang matang), selalu ingin tahu, dan lebih menyukai aktivitas yang kreatif (Idris, 2017).

Menurut (Alimin, 2008), karakteristik anak berbakat dapat dibedakan mejadi karakteristik belajar, karakteristik motivasi, karakteristik kreativitas, dan karakteristik sosio-emosional. Berikut penjelasan masing-masing karakteristik anak berbakat.

1.  Karakteristik belajar: ditunjukkan dengan sikap belajar yang lebih cepat dan mudah, menyukai tantangan dan tugas yang kompleks, mengetahui banyak hal, mempunyai kosakata yang lebih luas dan lancar dibanding anak seusianya, terampil dalam memecahkan suatu masalah, gemar mengajukan pertanyaan yang kritis dan tak terduga, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi .

2.  Karakteristik motivasi: meliputi sikap senang mengerjakan tugas secara mandiri, memiliki komitmen kuat pada tugas yang telah dipilih, dan memiliki persisten dalam menyelesaikan tugas.

3.  Karakteristik kreativitas: meliputi sikap sensitif terhadap estetika, senang melakukan eksperimen, mengekspresikan rasa humor dengan spontan, dan memiliki banyak ide dalam menghadapi tantangan.

4.  Karakteristik sosio-emosional: meliputi rasa percaya diri yang tinggi, cenderung perfeksionis, mudah beradaptasi pada situasi baru, dan lebih menyukai teman yang lebih tua dan memiliki minat yang sama.

Melihat karakteristik tersebut, diperlukan beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak berbakat, diantaranya model struktur intelek dari Guilford yang digambarkan dalam bentuk kubus tiga dimensi dengan tahap analisis konten (simbolik), tahap produk (hubungan), dan operasi (evaluasi) (Tarjiah, 2019). Selain itu, terdapat model belajar kreatif dari Treffiger yang meliputi tahap basic toolpractice with process, dan working real problem. Lebih lanjutnya, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak CIBI dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran PBL yang dikombinasikan dengan project learning dapat juga menjadi alternatif pembelajaran bagi anak CIBI di masa pandemi Covid-19 ini guna mengasah kemampuan kognitif dan psikomotorik anak.

 

 

Referensi

Alimin,            Z.            (2008).            PEMBELAJARAN           ANAK            BERBAKAT.           http://z-

alimin.blogspot.com/2008/05/pembelajaran-anak-berbakat.html?m=1

Desiningrum, D. R. (2017). PSIKOLOGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Psikosain.

Idris, M. H. (2017). ANAK BERBAKAT (KEBERBAKATAN). Jurnal Pendidikan PAUD02(1), 35–50. Tarjiah,    I.    (2019).    MODEL    DAN    STRATEGI    PEMBELAJARAN   BAGI    SISWA    BERBAKAT.

https://www.slideshare.net/MichaelLee1007/model-dan-strategi-pembelajaran-bagi-siswa-berbakat

29 Mar 2021 - 10:37:29, Alfina Wijayanti (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)