Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS Wujudkan Desa Wisata Melek Bencana Bersama Warga Tegalmulyo, Klaten

Gambar - Bersama warga, Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS mengusung material gazebo melintasi jembatan gantung hasil karya mereka, yang akan dipasang di objek wisata Girpasang

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Kegiatan yang dilakukan melalui kolaborasi dengan FOSTI dari Prodi Informatika tersebut mengusung tema “Desa Wisata Melek  Bencana Bersama Penyandang Disabilitas Berdaya di Lereng Merapi, Desa Tegalmulyo”

Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memberdayakan para penyandang disabilitas, adalah dengan mengajarkan kepada mereka untuk membuat oleh-oleh unggulan Desa Tegalmulyo. Untuk pelatihan pembuatan produk unggulan ini, salah satunya adalah pembuatan oleh-oleh berbahan dasar mawar, yakni teh bunga mawar.

4 Program Utama

Bersama warga Desa Tegalmulyo, tim menggelar empat program utama, yakni: Pembangunan gazebo melek bencana, pendampingan dan pelatihan virtual tour, mengoptimalkan kesenian tari kukila yaksa dan pendampingan dan pelatihan membuat produk unggulan.

Kegiatan tersebut dihadiri 30 perwakilan masyarakat yang terdiri dari relawan bencana merapi dan tanah longsor, penyandang disabilitas, anggota sanggar tari kukila yaksa. Hadir pula beberapa pejabat berwenang seperti dari BPBD Klaten, ULD PB BPBD Klaten, Kepala Desa Tegalmulyo, kepala Pokdarwis (kelompok sadar wisata), perangkat desa dan masyarakat umum.

Adapun masyarakat Desa Tegalmulyo dipilih sebagai sasaran, karena saat ini desa tersebut telah berkembang menjadi desa wisata. Status desa wisata di Tegalmulyo didukung dengan keberadaan objek wisata Girpasang di lereng Merapi, dengan ikon jembatan gantung dan gondola yang melintas di Jurang Pakis.

Tim yang diketuai Shofiatul tersebut terdiri dari 14 anggota, yakni mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dan mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UMS. Bertindak selaku dosen pembimbing, Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P. 

10 Oct 2023 - 03:02:35,